IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL DAN AKADEMIK PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH IBTIDAYAH

  • Dede Mudzakir Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pandeglang

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Perencaan supervisi akademik dan manajerial; 2) Pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial; 3) Pengaruh supervisi akademik dan manajerial terhadap peningkatan kinerja guru. Penelitian dilakukan pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Pandeglang. Metode penelitian menggunakan kualitatif studi kasus. Instrumen penelitian menggunakan wawancara. Responden penelitian pengawas, kepala madrasah dan guru. Teknik analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verfikasi data. Hasil penelitian: 1) Perencanaan  supervisi akademik dan manajerial  pengawas  dimulai  dengan  pembuatan program   tahunan  dan  program semester pengawasan. Membuat instrumen  observasi administrasi  proses  pembelajaran, instrumen  observasi rencana  pelaksanaan  pembelajaran  serta instrumen pelaksanaan  pembelajaran di  kelas.  2) Pelaksanaan supervisi dilakukan  melalui kunjungan kelas, penyampaian hasil supervisi, dan program tindak lanjut supervisi. 3) Supervisi akademik dan manajerial berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Optomimalisasi dan maksimalisasi proses pembelajaran guru. Keberhasilan supervisi manajerial dan akademik menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif.

Published
Dec 2, 2016
How to Cite
MUDZAKIR, Dede. IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL DAN AKADEMIK PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH IBTIDAYAH. Studia Didaktika, [S.l.], v. 10, n. 02, p. 33 - 47, dec. 2016. ISSN 1978-8169. Available at: <http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/81>. Date accessed: 15 may 2021.
Abstract view
775 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
3373 times